Sunday, April 26, 2009

Strobist

Apa itu strobist?
Pasti itu pertanyaan yang langsung muncul untuk orang yang baru dengar istilah ini pertama kali. Untuk orang yang punya hobi fotografi atau berprofesi sebagai fotografer sudah tidak terlalu asing dengan istilah ini.

Berdasarkan beberapa informasi yang saya dengar dan baca (salah satunya ini dan ini), strobist adalah salah bentuk kegiatan fotografer yang dalam proses fotografinya (pengambilan gambar) dibantu oleh 1 atau lebih cahaya bantu eksternal flash secara off shoe untuk mendapatkan efek cahaya lain pada objek foto. Off shoe? apalagi tuh :)

Gampangnya sih begini, ada istilah on shoe dan off shoe camera flash. Kalau on shoe itu artinya menempatkan flash eksternal (kalo jaman dulu lebih dikenal blitz ya)pada shoe (sepatu) kamera yang letaknya ada diatas kamera kita (khususnya kamera SLR atau DSLR). Nah kalau off shoe, itu artinya kita menempatkan flash eksternal itu terserah kita dengan harapan untuk mendapatkan efek cahaya yang lebih baik dan dramatis.
Nah gaya-gaya strobist ini nih yang lagi saya gandrungin beberapa bulan terakhir ini, karena efek dari cahaya terhadap obyeknya sangat menarik dan selalu ada aja hal-hal yang baru.

Kalau ada yang tertarik untuk lebih memahami dan mendalami apa itu strobist, saya kasih aja ya link-linknya:
http://www.flickr.com/groups/strobist
http://strobist.blogspot.com
http://idstrobist.multiply.com (kalo ini kumpulan fotografer strobist Indonesia)
http://davidhobby.zenfolio.com
http://www.zarias.com (Video OneLight Workshopnya bagus)
http://www.joemcnally.com/blog

0 comments:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP